Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara penguasaan kosakata (X1) dan minat baca (X2) dengan kemampuan menulis naratif siswa (Y) kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dipadukan dengan metode survei dan teknik terkait untuk menjawab hipotesis yaitu: apakah ada (1) hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis naratif, (2) hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis naratif, (3 ) )) Hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis narasi, minat baca dan keterampilan menulis narasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Kelurahan Pegadungan Jakarta Barat yang berjumlah 109 siswa. Alat yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis narasi, rhitung 0,823 > rtabel 0,195, (2) ada hubungan antara minat baca dengan keterampilan menulis narasi, rhitung 0,766 > rtabel 0,195, (3) kosa kata Ada hubungan antara penguasaan kosa kata dengan minat baca dan kemampuan menulis naratif Koefisien korelasi ganda 0,865, dan koefisien determinasi 0,749 Artinya, hubungan antara penguasaan kosa kata dengan minat baca dan variabel keterampilan menulis naratif 74,9%. Oleh karena itu, secara umum dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan menulis narasi dapat dicapai dengan meningkatkan penguasaan kosakata dan minat baca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021