Pemanfaatan TIK dalam pembelajaan merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta pemahaman santri terkait materi yang sedang dipelajari. Dengan memanfaatan TIK dalam pembelajaran guru dituntut untuk mengambil peran secara aktif dan profesional dalam proses pembelajaran sesuai dengan tuntutan kebutuhan peserta didik yang semakin berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru Diniyyah Andalusia Leler Banyumas dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran ditinjau dari teori belajar behaviorisme dan teori belajar konstruktivisme. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Diniyyah Andalusia memiliki persepsi positif dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Hal ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan TIK di Madrasah Diniyyah Andalusia memiliki kesempatan yang besar. Karena guru Diniyyah sudah memahami perlunya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Madrasah Diniyyah Andalusia. Dalam pemanfaatan TIK guru Diniyyah Andalusia lebih tertarik untuk memanfaatkan TIK berdasarkan teori belajar konstruktivisme daripada teori belajar behaviorisme. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran konstruktivisme dimaksudkan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dengan melibatkan peran aktif siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022