Ditengah situasi pandemi yang masih membutuhkan metode pembelajarang daring, pengembangan media pembelajaran yang menarik dan efektif sangat dibutuhkan. khususnya bagi para pengajar dalam bidang matematika, kreatifitas dosen dalam mengaplikasikan media belajar virtual ke dalam pembelajaran ilmu matematika sangat menentukan keberhasilan pencapaian hasil belajar dari mahasiswa. Salah satu pengembangan media pembelajaran matematika berbasis komputer yaitu media pembelajaran dengan berbasis Macromedia Flash. Macromedia Flash adalah media pembelajaran yang telah ada selama ini namun masih jarang digunakan secara aktif dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut kemudian mendorong untuk dilakukannya penelitian ini dalam bentuk pengembangan media baru berbasis Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam 4D yaitu Defines, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian menggunakan 60 subjek penelitian yang berasal dari kelas 1PMI 1 dan 1 MMI 1 AMIK Mitra Gama Duri. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar respon mahasiswa, dan angket motivasi. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika mahasiswa pada materi yang luas dan menyeluruh. Kata kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar , Matriks, Macromedia FlashÂ
Copyrights © 2021