Artikel ini bermaksud menjelaskan bahwa bahasa iklan merupakan bentuk bahasa yang berbeda dengan bahasa komunikasi pada umumnya. Iklan memiliki gaya bahasa tersendiri di dalam menyampaikan maksud dan tujuan iklan itu agar dapat dipahami oleh konsumen iklan tersebut. Kajian ini mencoba memberikan gambaran tentang bahasa iklan ditinjau dari sudut pandang pragmatik yaitu hubungan antara bahasa yang digunakan dengan maksud yang disampaikan oleh pengiklan yang sering kali iklan disampaikan dengan sangat singkat dan padat sehingga konsumen yang menjadi sasaran iklan tersebut sulit untuk memahami maksud yang diungkapkan di dalam iklan tersebut. Selain itu kajian ini juga mencoba memahami maksud yang tidak terungkap dari iklan tersebut secara literal Deskripsi Alternatif :This article aims to explain that the language of advertisement is a language form that is different from the language form used in communication in general. Advertisement has its own language style in conveying the aims and goals of advertisement in order that it can be easily understood by the consumers of advertisement. This analysis tries to describe about language of advertisement seen from pragmatic perspective, that is, the relationship between the language used and the goals expressed by the advertiser in which frequently advertisement is conveyed shortly and compactly so that the consumers as the target of advertisement are difficult to understand the purpose conveyed in the advertisement. Moreover, this analysis tries to understand the implied meaning of the advertisement that is not expressed literally
Copyrights © 2014