Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi
Vol 55 No 2 (2010)

MENGOPTIMALKAN FUNGSI KOGNISI MELALUI PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN: optimal, kognisi, pembelajaran, menyenangkan

Hartono, Hartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2010

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang digagas sebagai solusi cerdas untuk mengoptimalkan fungsi kognisi siswa dalam praksis pembelajaran di sekolah. Kognisi adalah suatu proses dimana siswa melakukan aksesing informasi, mengolah dan menyimpan dalam ingatan (memori) serta menggunakannya dalam berbagai aktivitas belajar. Pembelajaran yang menyenangkan dilakukan melalui tiga tahap: yaitu tahap perencanaan, dimana guru melakukan sejumlah persiapan yang harus dipenuhi sebelum menyelenggarakan pembelajaran di dalam kelas; tahap pelaksanaan, dimana guru menyelenggarakan pembelajaran di sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang menyenangkan; dan tahap evalusi akhir, dimana guru melakukan evaluasi untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan yang mencakup evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

whn

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal Wahana Tridharma Perguruan Tinggi Received research papers and literature review studies on Multidisciplinary sciences consisting of applied science, social sciences and humanities, education, psychology, law, engineering, health and pharmacy, technology, management, economy, accounting and ...