Jurnal Sosial Humaniora Sigli
Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CAHAYA SWALAYAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA

Nyak Umar (Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Teuku Isnaini (Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Nurul Husna (Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cahaya Swalayan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya”.Dimana variabel independen yaitu Kualitas Produk(X1) dan Kualitas Pelayanan (X2)dan Loyalitas Pelanggan (Y) sebagai variabel dependennya.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli padaCahaya Swalayan Meureudu Kabupaten Pidie Jayayang mana jumlahnya 100 Konsumen. Seluruh populasi dalam penelitian ini diambil sebagai Sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden.Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi.3.            Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap loyalitas pelanggan dengan koefisien regresi sebesar 0,495, Berdasarkan data responden dari ketiga indikator pertanyaan yang diajukan, dapat dilihat bahwa responden lebih dominan memberi tanggapan setuju. Berdasarkan Tabel dapat kita melihat bahwa nilai Cronbach Alpha  untuk independent variable yaitu variabel Kualitas produk (X1) sebesar 0.881 atau 88,1%, kualitas layanan (X2) sebesar 0.879 atau 87,9 dan untuk dependent variable yaitu Loyalitas pelanggan (Y) memiliki nilai cronbach alpha sebesar 0.882 atau 88,2%.Kata kunci :Kualitas Produk, Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSH

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan ...