Pembelajaran Alquran khususnya dalam aspek tahfiz masih dihadapkan kepada berbagai problem, oleh karenanya dibutuhkan suatu inovasi termasuk dalam hal perubahan metode yang akan digunakan. Sejalan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana metode tabarak digunakan dalam rangka peningkatan hafalan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Tahfidz Daarul Huffadz Maninjau Kabupaten Agam dengan pendekatan kualitatif, informan kunci penelitian ini adalah pengelola dan guru tahfidz yang ada di lembaga tersebut. Data penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian diketahui bahwa penggunaan metode tabarak dapat meningkatkan hafalan remaja, hal ini berdasarkan standar kelulusan 60 % dari 100 % dari hasil evaluasi yang didapat dari Rumah Tahfidz Daarul Huffadz di tambah dengan media yang dimanfaatkan yaitu media elektronik dalam setiap proses menghafal yang merupakan faktor pendukung. Adapun yang menjadi faktor penghambat ialah keterlibatan orang tua/ wali santri dalam proses pendidikan tidak maksimal. Peran orang tua/wali santri sangat berpengaruh dalam meningkatkan hafalan remaja di Rumah Tahfidz Daarul Huffadz Maninjau Kabupaten Agam
Copyrights © 2021