Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan
2020: Memberdayakan Riset dan Inovasi untuk Teknologi yang Berkelanjutan

Orientasi Pengembangan Manajemen Unit Bisnis Strategis Dalam Menunjang Sektor Pendapatan Serta Keberlanjutan Usaha UMKM Indonesia Go Digital

Budianto Tedjasuksmana (Fakultas Bisnis Universitas Widya Mandala Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2020

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah  konvensional perlu melakukan perubahan menjadi UMKM Go Digital, sebagai strategi jangka panjang untuk hidup berkelanjutan. Masa pandemi corona yang melanda Indonesia dan dunia, telah mendorong para pelaku bisnis pada umumnya di Indonesia menggunakan media sosial, sebagai sarana pemasaran dan penjualannya. UMKM Go Digital kelompok kecil, perlu diwadahi pemerintah dengan membentuk  sentra-sentra peluang usaha berupa unit bisnis – unit bisnis UMKM, sebagai anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi pendapatan, dan keberlanjutan usaha. Dengan metode pendekatan analisis deskriptif, serta berdasarkan hasil-hasil penelitian yang ada, diharapkan bahwa UMKM di Indonesia khususnya kelompok kecil, menjadi partner bisnis Badan Usaha Milik Negara.

Copyrights © 2020