Kesiapan sekolah pada anak membutuhkan adanya kesiapan pada tigakomponen, yaitu: 1) kesiapan anak; 2) kesiapan sekolah untuk anak-anak; dan 3)kesiapan keluarga dan lingkungan mereka. Komponen kesiapan pada keluargadan lingkungan secara potensial dapat dilakukan oleh keluarga khususnya sertaperan serta dari PAUD dan POSYANDU. Permasalahan yang ditemui di DusunSumber Ayem adalah: 1) proses komunikasi guru, kader, dan orang tua terkaitparenting belum dimasukkan dalam kegiatan, karena ketiadaan tenaga terlatih; 2)kader kesehatan dan guru PAUD belum terlatih dalam hal pengembanganketerampilan parenting maupun keterampilan untuk mendampingi, melatih, danberkomunikasi dengan orang tua terkait proses parenting untuk menyiapkan anakmatang secara sosio-emosional saat masuk sekolah; 3) belum ada wadahpengembangan pengetahuan dan keterampilan tentang parenting baik bagi orangtua, kader, maupun guru. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memfasilitasipembentukan program pengasuhan berbasis masyarakat. Tujuan dari pelatihanadalah: 1) tenaga kesehatan dan guru dilatih untuk membantu orang tua dalamproses pengasuhan; 2) sosialisasi bagi orang tua mengenai pemahaman tentangkesiapan sekolah anak; 3) tersedianya wadah di masyarakat yang mandiri dapatmengembangkan keterampilan orang tua. Metode yang digunakan adalahpelatihan bagi orang tua, guru, dan kader. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalambeberapa tahap dengan hasil sebagai berikut: 1) tersosialisasinya caraberkomunikasi yang efektif antara anak, orang tua, dan guru gunamengembangkan kesiapan sekolah pada anak; 2) tersusunnya programpembelajaran berbasis kesiapan sekolah pada PAUD; 3) terbentuk tiga kelompokkelas parenting di Posyandu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014