ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi motivasi mahasiswa menyelesaikan skripsi dengan menggunakan variabel self efficacy, kebutuhan berprestasi, lingkungan kampus, dan metode pembelajaran dosen terhadap motivasi menyelesaikan skripsi di Perguruan Tinggi Indonesia. Ekonomi. Metode penelitian ini adalah metode survei kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa reguler pagi dan mahasiswa reguler malam Fakultas Ekonomi Indonesia yang lulus tahun 2019 sebanyak 311 orang dan sampel penelitian sebanyak 164 orang. Analisis yang digunakan adalah software SEM-PLS dan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan 3 variabel yang mempengaruhi mahasiswa reguler pagi: (1) Self-efficacy berpengaruh terhadap motivasi menyelesaikan skripsi sebesar 29,1%. (2) Need for achievement berpengaruh terhadap motivasi menyelesaikan skripsi sebesar 31,9%. (3) Lingkungan kampus terhadap motivasi menyelesaikan skripsi sebesar 37,5%. Dan ada 2 variabel yang mempengaruhi mahasiswa reguler malam: (1) Kebutuhan berprestasi berpengaruh terhadap motivasi menyelesaikan skripsi sebesar 55,5%. (2) Lingkungan kampus berpengaruh terhadap motivasi menyelesaikan skripsi sebesar 40,3%.Kata kunci: Efikasi Diri, Kebutuhan Berprestasi, Lingkungan Kampus, Metode Pembelajaran , Motivasi ABSTRACTThis study aims to determine the intrinsic and extrinsic factors that influence students' motivation to complete their thesis by using self-efficacy variables, the need for achievement, campus environment, and lecturer learning methods to the motivation to complete their thesis at the Indonesian College of Economics. This research method is a questionnaire survey method. The population in this study were morning regular students and evening regular students of the Indonesian College of Economics who graduated in 2019 by 311 people and the study sample was 164 people. The analysis used is SEM- PLS and SmartPLS 3.0 software. The results of this study indicate 3 variables that affect regular morning students: (1) Self-efficacy affects the motivation to complete a thesis of 29.1%. (2) The need for achievement influences the motivation to complete the thesis by 31.9%. (3) Campus environment towards motivation to complete the thesis is 37.5%. And there are 2 variables that affect regular night students: (1) The need for achievement influences the motivation to complete the thesis by 55.5%. (2) The campus environment influences the motivation to complete the thesis by 40.3%.Keywords : Self-Efficacy, Achievement Needs, Campus Environment, Learning Methods, Motivation
Copyrights © 2022