Didaktis: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar
Vol. 1 No. 1 (2016): DIDAKTIS 1: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016

Kreativitas Guru dan Siswa melalui Pembelajaran Etnomatematika Sunda

Supriadi (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2016

Abstract

Kreativitas pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan pembelajaran etnomatematika Sunda, pengembangan kemampuan berpikir kreatif matematik dan kecerdasan kreatif. Pembelajaran etnomatematika Sunda merupakan pembelajaran yang mengembangkan ide dari irisan matematika dan budaya Sunda dengan memandang matematika sebagai produk budaya. Kemampuan berpikir kreatif matematik dapat diartikan cara berpikir siswa dalam aspek kognitif untuk mengubah atau mengembangkan suatu permasalahan, melihat sebuah situasi atau permasalahan dari sisi yang berbeda, terbuka pada berbagai ide gagasan bahkan yang tidak umum dan mengimplementasikan ide perbaikan. Kecerdasan kreatif merupakan sebuah ide pemikiran siswa dalam aspek afektif yang muncul secara tiba-tiba, unik, baru, dan bersifat tidak biasa dilakukan oleh umum.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

semnaspendas

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang merupakan seminar rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Seminar ini merupakan wadah transfer pengetahuan dan pengalaman pada ...