Program belajar dari rumah (BDR) sebagai salah satu cara untuk menekan sebaran virus Covid-19 di sekolah. Implementasi BDR menggunakan bantuan media teknologi dan informasi, sehingga belum bisa diterapkan secara tunggal pada jenjang PAUD. Pembelajaran PAUD dalam bentuk aktivitas fisik olahraga yang bertujuan untuk menstimulus aspek perkembangan fisik dan motorik anak membutuhkan alat bantu pembelajaran serta stimulasi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas fisik olahraga anak usia dini pada program BDR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan subyek menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Kredibilitas data penelitian diuji menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran aktivitas fisik olahraga anak usia dini pada Program BDR meliputi aktivitas gerak dan lagu, aktivitas bermain, serta aktivitas motorik. Selanjutnya benda-benda di lingkungan sekitar yang digunakan meliputi kardus, botol bekas, bola dan kertas sebagai media dalam bermain sambil belajar melalui aktivitas fisik olahraga
Copyrights © 2021