Borneo Journal of Biology Education (BJBE)
Vol 2, No 2 (2020): Oktober

BUDAYA SEKOLAH DAN PERSEPSI ALUMNI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Fatmawati, Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2020

Abstract

Persepsi responden dapat memberikan gambaran tentang nilai-nilai yang ada di sekolah, bagaimana responden memandang budaya yang ada di sekolah sebagai tempat bekerja, bagaimana peranan budaya sekolah bagi responden dan bagaimana responden yang merupakan alumni pendidikan Biologi UBT berkedudukan dalam suatu organisasi.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui inventori yang diberikan kepada 24 responden, data kemudian dianalisis dengan teknik persentase. Diperoleh hasil, sebagian besar tujuan atau misi sekolah telah diketahui dengan baik oleh responden; keputusan sekolah dan norma-norma sekolah melibatkan semua pihak sekolah; 37,5% tidak memilih prestasi, fasilitas, kedisiplinan, maupun biaya sekolah sebagai ciri khas sekolah, 33,3% memilih kedisiplinan sekolah sebagai ciri khas , dan 25% memilih prestasi sekolah sebagai ciri khas sekolah; sebagaian besar mengatakan dibutuhkan dan telah terjalin sikap saling mendukung (kolaboratif) di sekolah; 50% menyatakan bahwasanya kepala sekolah dan guru berusaha memperhatikan nilai kebenaran/ empiris dalam pencapaian pekerjaan; 58,3% menyatakan telah memiliki nilai-nilai dan kemampuan seperti perhatian pada pekerjaan, kemampuan bekerja tepat waktu, dan kemampuan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi; 54,2% memiliki usaha dalam kerja inovatif dan kreatif;  79,2% menyatakan bahwa budaya organisasi di sekolah memiliki ketentuan dan aturan yang mengikat seluruh anggota organisasi; 54,2% berpendapat bahwa budaya organisasi di sekolah dipengaruhi oleh iklim dan lingkungan fisik; dan 66,7% berpendapat bahwa budaya organisasi sekolah harus dapat menciptakan suasana lingkungan kerja yang kondusif (lingkungan yang mendukung secara positif).Kata KunciAlumni, Budaya Sekolah, Pendidikan Biologi, Persepsi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bjbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Other

Description

Borneo Journal Of Biology Education (BJBE), Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. BJBE merupakan media publikasi ilmiah seperti gagasan, Kajian, dan hasil penelitian yang berkualitas terkait Biologi dan ...