Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman
Vol 5, No 2 (2021): Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Keislaman

MENGGALI “IBRAH” DARI QASHASH AL-QUR’AN; Sebuah Kajian Pengantar Dalam Tinjauan Ilmu Al-Qur’an

Sulaiman, Sulaiman (Unknown)
Ahmad, Afrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

 Qashash al-Qur’an atau kisah-kisah dalam al-Qur’an yang mengisi seperempat al-Qur’an diyakini kebenarannya sebagai kisah nyata yang diturunkan Allah untuk diambil pelajaran (ibrah), hikmah dan dijadikan sumber tauladan dalam keseharian. Sebagian kisah tersebut telah didapatkan bukti sejarahnya melalui peneltian arkeologis, sementara sebagiannya yang lain belum didapatkan buktinya. Banyak cara yang dilakukan guna menggali ibrah dari kisah-kisah tersebut, antara lain; pendekatan sejarah, filsafat, sosiologis, psikologis dan sebagainya. Peneliti menggunakan metode kajian pustaka untuk menggali lebih dalam tentang (ibrah) yang didalam Al-Qur’an. Al-Qur’an bukanlah buku ilmiah, seperti buku sejarah misalnya, namun ia dapat dijadikan sumber ilmu pengetahuan. Hal ini dapat dilihat dari tulisan Ibnu Khaldun, Haekal, Muhammad al-Ghazali, Sayid Ramadhan al-Buti, Munzir Hitami, Sayyid Quthb, Muhammad Quthb, Komaruddin Hidayat dan sebagainya yang menjadikan kisah-kisah dalam al-Qur’an sebagai sumber rujukan atau inspirasinya. Sayangnya, pendekatan yang dilakukan oleh beberapa kalangan dalam kajian terhadap kisah-kisah al-Qur’an lebih kepada penyusunan riwayat dari pada kajian mendalam tentang ibrah atau hikmah yang dapat diambil darinya. Agaknya, perlu diupayakan pengkajian kisah-kisah al-Qur’an dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan lainnya agar ia lebih berguna bagi pembangunan peradaban ilahiah di muka bumi.  Kata kunci; Ibrah, Qashash, dan al-Qur’an

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mumtaz

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Quranic Studies, Interpretation, Hadith, Islamic Philosophy, Kalam Science, Islamic Education, Dakwah, Islamic Economics, Islamic Language and Literature, Sufism, and other Islamic Studies ...