NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 1 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

DAMPAK FAKTOR FUNDAMENTAL DALAM PENENTUAN NILAI PERUSAHAAN

Ardi Putra Pamungkas (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN " VETERAN" JAWA TIMUR)
Yuniningsih Yuniningsih (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN " VETERAN" JAWA TIMUR)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh levergae, likuiditas, dan investasi terhadap nilai perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. populasi penelitian ini dalah seluruh perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kriteria sampel antara lain: (1) perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar pada BEI periode 2017-2019, (2) perusahaan selalu menerbitkan laporan keuangan pada website resmi perusahaan maupun website resmi BEI, (3) perusahaan memiliki saham yang aktif di pasar modal sejak tahun 2017 hingga tahun 2019. Berdasarkan kriteria sampel didapatkan 35 perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar pada BEI yang dapat digunakan sebagai data penelitian.  Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 20.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa leverage dan likuiditas tidak memiliki pengaruh teradap nilai perusahaan. sedangkan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2019.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...