NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 2 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

LEMAHNYA PENILAIAN AFEKTIF BERDAMPAK BURUKNYA PRILAKU HUMANISTIK SISWA

Abdullah Muwaffaq (Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Kediri, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2022

Abstract

Proses mendidik siswa tidak hanya sekedar memberi materi atau mengajar, apalagi dalam lengkup mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Artikel yang sedang penulis kali ini jabarkan akan menjelaskan terkait temuan terkait lemahnya penilaian afektif yang berdampak pada proses pendidikan secara humanistik dalam mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kabupaten Kediri. temuan pertama yang nempak disini adalah banyak sekali siswa yang nakal atau bandel didalam sekolah dengan perilaku yang tidak pantas untuk disebut baik-baik saja. Sering dijumpai peserta didik yang berbicara kotor, berantem dan saat dilakukan survei pendiikan beberapa jarang yang melaksanakan sholat wajib, bahkan banyak dari siswa-siswa yang tidak tertib didalam masuk pembelajaran atau datang terlambat. Pendidikan humanistic yang diberikan oleh pendidik sangat berpengaruh didalam merubah perilaku peserta didik, jadi pendidik disini tidak sekedar menjelaskan materi semata sehingga juga menata moral atau etika peserta didik dengan cara dan metode yang setiap guru memiliki karakteristik berbeda-beda.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...