Latar Belakang - Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan membeli barang dan jasa. Mempelajari dan menganalisis perilaku konsumen dalam membeli keputusan sangat penting Untuk menjaga kelangsungan bisnis dan meminimalkan risiko kehilangan pasar yang ada akibat persaingan dan persaingan di masa depan, PT. Matahari Department Store harus segera melakukan pengembangan strategi pemasaran berdasarkan situasi pasar yang terus berkembang.Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penjualan pribadi, iklan, dan promosi penjualan pada keputusan pembelian di Matahari Department Store.Desain/ Metodologi/Pendekatan - Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Matahari Kediri Department Store dengan sampel yang diambil sebesar 200 orang. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil dan Pembahasan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga factor, yaitu penjualan pribadi, iklan, dan promosi penjualan secara simultan mempunyai pengaruh pada kepuutusan pembelian. Dimana, secara partial, factor iklan menjadi variable yang sangat signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian para konsumen terhadap produk yang mereka pasarkan.Kesimpulan - a). Penjualan pribadi memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian; b). Iklan memiliki efek yang signifikan pada keputusan pembelian, dan c). Promosi Penjualan memiliki efek yang signifikan pada keputusan pembelian.Implikasi Penelitian - Implikasi penelitian sangat berguna bagi perusahaan dalam menganalisa factor – factor apa saja yang mampu mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk baik berupa barang maupun jasa, sehingga perusahaan akan mengetahui bagaimana strategi pengelolaan dalam meningkatkan penjualan produknya.Batasan Penelitian - Keterbatasan penelitian ini terletak pada proses pengumpulan datanya, informasi yang diberikan oleh responden melalui kuesioner terkadang tidak mencerminkan pendapat responden yang sebenarnya, hal ini terjadi karena terkadang terdapat perbedaan pemikiran, asumsi dan pemahaman responden secara individual. responden, serta faktor lain seperti kejujuran dalam mengisi pendapat responden..
Copyrights © 2021