The Gifted merupakan serial drama Thailand yang bergenre thriller, misteri, sekolah, drama dan supernatural yang membahas tentang kehidupan sekolah di salah satu sekolah menengah “Ritdha High School”. Sekolah tersebut menerapkan sistem penggolongan siswa ke dalam beberapa tingkatan sesuai dengan kecerdasan siswa yang dapat menimbulkan kecemburuan sosial dan tindakan diskriminatif pada ranah pendidikan. Hal ini menjadi suatu ketertarikan bagi peneliti dalam membahas makna diskriminasi dari simbol-simbol yang ada dalam serial The Gifted. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna diskriminasi pendidikan dalam serial drama Thailand yang berjudul “The Gifted”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif analisis semiotika John Fiske berdasarkan kode-kode televisi tiga level semiotika (level realitas, level representasi dan level ideologi). Nilai-nilai diskriminasi pada level realitas dapat dilihat melalui tanda berupa tampilan pakaian, lingkungan, perilaku, tata rias, ekspresi dan sebagainya. Pada level representasi, diskriminasi digambarkan pada technical codes seperti teknik pengambilan gambar, pencahayaan, karakter, suara/musik, dialog dan sebagainya yang dapat mendukung makna pada serial ini. Lalu pada level ideologi, hasil dari proses realitas dan representasi kemudian diorganisasikan dan dikategorikan dalam sebuah kode-kode ideologis yaitu diskriminasi pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kebaruan bahwa terdapat diskriminasi pendidikan pada tayangan serial Thailand The Gifted setelah diamati dengan semiotika John Fiske.
Copyrights © 2021