Latar belakang: Pendidikan adalah upaya terencana untuk pengembangan dan pertumbuhan pribadi menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, berilmu, sehat, dan berakhlak mulia dalam proses bimbingan dan pembelajaran dilihat dari aspek jasmani maupun rohani.Tujuan penelitian: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi guru secara parsial terhadap pembentukan karakter siswa pada SMA (Negeri) di Kota Makassar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh peran orangtua Sebagian menentang pembentukan Karakter Siswa pada SMA (Negeri) di Kota Makassar, memahami serta melakukan analisis sebagian dari dampak budaya sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa pada SMA (Negeri) di Kota Makassar dan cari tahu analisis efeknya dari kompetensi guru, peran orangtua dan budaya sekolah secara simultan terhadap pembentukan karakter siswa pada SMA (Negeri) di Kota Makassar.Metode penelitian: Riset ini semua pihak Sekolah Menengah Atas (Negeri) yang ada di Kota Makassar yang jumlahnya 23 sekolah, menggunakan metode sampel jenuh yaitu semua anggota populasi, kemudian kepala sekolah dan wakilnya dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 46 orang. Data dikumpulkan dengan metode wawancara langsung kepada responden serta memberikan kuesioner kepada responden menurut penelitian ini sedang berlangsung. Data dianalisis dengan cara analisa regresi linear berganda, Uji T-test, Uji F serta Uji koefisien Determinasi (R2).Hasil penelitian: Hasil analisa menunjukkan bahwa (1) Kompetensi Guru berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Pembentukan Karakter Siswa pada SMA (Negeri) di Kota Makassar (2) Peran Orangtua berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap pembentukan Karakter Siswa pada SMA (Negeri) di Kota Makassar (3) Budaya Sekolah berpengaruh positif dan Signifikan secara signifikan terhadap Pembentukan Karakter Siswa pada SMA (Negeri) di Kota Makassar (4) Kompetensi Guru, Peran Orangtua dan Budaya Sekolah berpengaruh baik secara simultan terhadap Pembentukan Karakter Siswa pada SMA (Negeri) di Kota Makassar.Kesimpulan: Kompetensi guru membantu pengaruh baik secara parsial terhadap pembentukan karakter siswa. Peran orangtua memberikan pengaruh positif dan signifikan sebagian menentang terhadap pembentukan karakter siswa, ini terbukti dengan nilai t hitung sebesar 2.546 dengan haga signifikansi 0.023, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik peran orangtua, maka semakin baik pula pembentukan karakter anak ke arah yang positif. Budaya sekolah memberikan pengaruh positf dan signifikan secara parsial terhadap pembentukan karakter siswa. Kompetensi guru, peran orangtua dan budaya sekolah berpengaruh baik secara simultan terhadap Pembentukan karakter siswa SMA Negeri di Kota Makassar.
Copyrights © 2021