Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 5 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

PENGEMBANGAN POSTER BERTOPIK RELASI FUNGSI MENGGUNAKAN MODEL ADDIE

Syifa Restania Putri (Unknown)
Valenzia Putri (Universitas Sriwijaya)
Dinda Fitri Humaira (Universitas Sriwijaya)
Rezkiko Mulya (Universitas Sriwijaya)
Zulkardi Zulkardi (Universitas Sriwijaya)
Meryansumayeka Meryansumayeka (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Poster yang mampu menarik perhatian orang yang lewat dengan maksud menyampaikan pesan tertentu ternyata dapat diikutsertakan dalam suatu perlombaan internasional. Pemanfaatan teknologi yang dioptimalkan dalam proses pembuatan dan tema poster yang dihubungkan dengan Covid-19 dapat menjaring minat seluruh orang untuk berpartisipasi di dalamnya. Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan media poster yang dapat diajukan untuk merayakan Pi Day 2021. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengembangan poster menggunakan Microsoft Powerpoint 2010 dan Photoshop menghasilkan dua produk dengan topik Geometri dan Relasi Fungsi sehingga kedua poster ini selanjutnya dipilih melalui votting di Instagram stories. Hasil votting dengan perbandingan 48%:52% menunjukkan bahwa poster dengan topik Relasi Fungsi lah yang dikumpulkan ke web International Day of Mathemathics (IDM). Poster juga dipresentasikan melalui video di YouTube dan dilombakan di tingkat sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya melalui link google form yang disebarkan ke media sosial. Berdasarkan hasil votting tersebut, poster Relasi Fungsi mendapatkan juara ke-2.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...