Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 5, No 2 (2021): Attadib: Journal of Elementary Education

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MODEL TALKING STICK KELAS IV MI BAHRUL HUDA KOTA BOGOR

Witri Rahmawati (Universitas Ibn Khaldun)
Muhammad Fahri (Universitas Ibn Khaldun)
Rusdi Kasman (Universitas Ibn Khaldun)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Model pembelajaran Talking Stick merupakan salah satu dari sekian banyak model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat. Tongkat digunakan sebagai ransum atau giliran untuk berdebat atau menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab melalui model tongkat berbicara pada siswa kelas IV MI Bahrul Huda Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1). Model Talking Stick pada pelajaran bahasa Arab kelas IV MI Bahrul Huda Kota Bogor. Peningkatan siswa dalam belajar ditandai dengan peningkatan rata-rata siswa pada siklus I = 60 (cukup). Siklus II = 70 (baik) dan (2). Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 60 dengan persentase ketuntasan pre test 69% dan post test 81% pada siklus II mencapai 70 dengan prosentase ketuntasan pre test 87% dan post test. dari 100%. Implikasi dari temuan penelitian ini adalah bahwa model Talking Stick dalam pembelajaran bahasa Arab dapat mengubah perilaku siswa kearah yang positif dan meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...