Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 5, No 2 (2021): Attadib: Journal of Elementary Education

PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH PADA ERA NEW NORMAL DI MI BAHRUL ULUM BINANGUN SINGGAHAN TUBAN

Vita Fitriatul Ulya (IAI AL-HIKMAH TUBAN)
Adhiesta Kurnia F. R. (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAI Al Hikmah Tuban)
Zulfatun Anisah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAI Al Hikmah Tuban)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Kondisi di masa pandemi mengakibatkan banyak lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran secara daring, sehingga nilai-nilai karakter tidak bisa ditanamkan pada siswa MI secara maksimal. Di era new normal, beberapa sekolah mengambil kebijakan berupa pembelajaran dilakukan secara tatap muka dengan memakai sistem roling waktu dan mentaati protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan nilai-nilai karakter melalui budaya sekolah pada era new normal di MI Bahrul Ulum Binangun Singgahan Tuban. Metode penelitian ini adalah studi kasus (case study) dengan yang berarti  prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati (diobservasi) secara alamiah atau melalui kehidupan nyata (real-life-events). Teknik pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini meliputi kegiatan observasi langsung, observasi terlibat (participant observation), dokumentasi, wawancara/ interview, dan analisis dokumen atau analisis deskriptif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan pembudayaan nilai-nilai karakter di MI Bahrul Ulum yang meliputi nilai karakter religious, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...