JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 6, No 1 (2020)

Penerapan pendekatan Brain Based Learning (BBL) terhadap kemampuan kecerdasan adversitas siswa kelas XI IPA SMA 1 Tulungagung

Lathifaturrahmah Lathifaturrahmah (UIN Antasari)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini menggunakan data berupa hasil pengisisan angket kecerdasan adversitas siswa yang akan dianalisis menggunakan uji ARP. Hasil dari ARP dianalisis dan digunakan untuk membuktikan kebenaran dari hipotesis yang telah ditentukan oleh peneliti. Sesuai karakteristik datanya penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah ekperimen dimana pemilihan sampel dari populasi dipilih secara random sebanyak 2 kelas XI IPA SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019. Dimana 2 kelas tersebut diberi perlakuan yang berbeda. Kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional, sedangkan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan pendekatan Brain Based Learning. Perlakuan selanjutnya, kedua kelas tersebut diberikan perlakuan yang sama dengan pemberian angket kecerdasan adversitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Brain Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan kecerdasan adversitas siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tulungagung

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...