JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 5, No 1 (2019)

Analisis metakognisi dalam penyelesaian masalah matematika ditinjau dari tingkat kemampuan matematika

Siti Aufa Rizqiani (STKIP PGRI TUlungagung)
Diesty Hayuhantika (STKIP PGRI Tulungagung)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan metakognisi siswa kelas XI IPA dalam penyelesaian masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif , sedangkan metode untuk mengumpulkan data antara lain: tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa siswa berkemampuan tinggi termasuk dalam tingkat metakognisi semi-reflective use. Ia mampu melaksanakan aktivitas metakognisi (perencanaan, memantauan dan penilaian) dalam empat langkah Polya. Siswa berkemampuan sedang termasuk dalam tingkat metakognisi strategic use, sedangkan siswa berkemampuan rendah termasuk dalam tingkat metakognisi aware use.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...