Sebagian besar kerusakan yang terjadi pada kapal kayu adalah pelapukan dan kebocoranpada lambungnya. Perkembangan tekhnologi laminasi fiberglass berkembang dengansangat pesat. Sifat fiberglass yang kuat, tahan terhadap cuaca dan mudah dibentukmenjadikan material komposit ini bisa di terapkan sebagai bahan pelapis kapal kayu untukmengatasi persoalan pelapukan dan kemungkinan kebocoran kapal kayu. Beberapatahapan laminasi pada kapal kayu di kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan, Jawa Timurini adalah sebagai berikut: Tahap awal adalah mengeringkan dan membersihkan lambungkapal dari sisa cat dan kerak yang menempel di lambung. Selanjutnya adalah melapisikapal dengan 2 lapisan fiberglass dan diikuti dengan pendempulan pada seluruh lambungkapal dan yang terakhir adalah pengecatan untuk penyelesaian akhir. Berdasarkan analisaekonomis, perbaikandengan laminasi fiberglass lebih mengntungkan daripada perbaikankapal kayu secara tradisional. Dengan metode laminasi ini juga perbaikan tinggalmembersihkan lambung dari lumut. Dari sisi performance kapal, laminais fiberglass akanmengurangi gesekan pada lambung kapal dan akan meningkatkan kecepatan dan efisiensikapal. Karena tidak ada air yang meresap di lambung kapal, maka kapal juga akan makinringan dan pada akhirnya akan menurunkan konsumsi bahan bakar.Kata Kunci : Fiberglass, kayu, bocor, laminasi, perbaikanMost of the destructions in wooden vessel are weathering and leaking on the hull. Thedevelopment of fiberglass lamination technology grow fastly. The characteristics offiberglass which strength, irresistance to the weather and easy to form make this materialcan be applied to laminate the wooden vessel to solve its problems. There are severalsteps of fiberglass lamination for wooden vessel in Lekok District, Pasuruan East Java asfollows: the first step is drying and cleaning the wooden vessel from the paint and fouling.The second step is laminating the hull with 2 layers of fiberglass and followed withcompound spackling and the last step painting. Based on economical analysis, fiberglasslamination has more advantages compared to conventional repair method. By usingfiberglass lamination the nest maintenance activity is only cleaning the moss. From point ofperformance view, fiberglass lamination will reduce the skin friction resistance andincreases the speed and the efficiency of the ship. This speed increase and efficiency arecaused by the hull which no more absorb water. Due to no water absorption, the weight ofthe vessel will be maintained as its dry weight and finally will reduce fuel consumption.Keywords: Fiberglass, wood, leak, lamination maintenance
Copyrights © 2020