JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Peranan Partai Persatuan Pembangunan dalam Membangun Masyarakat Sejahtera Berdasarkan Pancasila

Rahayu, Sri (Unknown)
Putri S, Riski Ana (Unknown)
Mahdiani, Novimah Emi (Unknown)
Rohani, Alia (Unknown)
Rahmadani Hsb, Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Pencapaian pembangunan masyarakat dianggap sebagai bentuk proses perubahan sosial. Perubahan sosial berlangsung terus menerus dalam setiap periode, baik yang direncanakan maupun tidak. Oleh karena itu, perubahan sosial adalah sesuatu yang wajar dan alami dan dialami oleh setiap masyarakat. Karena perubahan sosial merupakan dasar untuk memahami realitas pembangunan masyarakat, prinsip-prinsip umum, teori, dan kecenderungan dalam proses perubahan sosial dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena pembangunan atau pengembangan masyarakat ini. Dari segi hukum, reinterpretasi Pancasila menjadi sangat penting karena antara Pancasila, hukum dan pengalaman hidup dalam negara hukum selalu ada hubungan yang erat, saling menguntungkan dan tidak dapat dipisahkan. Pancasila sebagai sistem nilai abstrak merupakan landasan (spiritual) hukum positif, sedangkan hukum positif diwujudkan sebagai perwujudan sistem nilai untuk kemudahan penggunaan dalam kehidupan sehari-hari; dan realitas eksperiensial merupakan hasil (produk) dari penerapan hukum positif. Jika masyarakat Indonesia dewasa ini merasa ada persoalan dalam kehidupan bernegara hukum, maka untuk memahami dan menyelesaikannya secara tuntas, harus diperhatikan secara mendalam ketiga faktor tersebut, berdasarkan kemurnian hati, pikiran dan jiwa, kearifan dan wawasan kebangsaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...