Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas, kendala dan kelebihan serta kekurangan penerapan pembelajaran e-learning dengan menggunakan aplikasi zoom meeting pada masa pandemi covid-19 mahasiswa FPIPS IKIP PGRI Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data menggunakan teknik kuesioner dengan google form dan wawancara . Subjek penelitian yaitu mahasiswa FPIPS IKIP PGRI Bojonegoro yang pernah mengikuti pembelajaran menggunakan aplikasi zoom meeting. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran e-learning dengan aplikasi zoom meeting tidak efektif disebabkan oleh kendala sinyal internet dan terkendala biaya kuota internet yang mahal. Kelebihan dari pembelajaran e-learning menggunakan aplikasi zoom meeting yaitu aplikasi zoom meeting dapat di download dengan mudah secara gratis dan kapasitas ruang besar, aplikasi zoom meeting mempunyai fitur- fitur banyak dan menarik, kegiatan pembelajaran dengan aplikasi zoom meeting saat perkuliahan bisa langsung tatap muka dengan dosen maupun teman- temannya dengan jelas, dan mahasiswa dapat melakukan pembelajaran dari rumah. Kekurangan dari aplikasi zoom meeting dalam pembelajaran e-learning yaitu sinyal yang tidak stabil, data internet boros/ kuota internet cepat habis dan kuota internet yang terbatas. Saran pembelajaran e-learning yang efektif yaitu menggunakan metode pembelajaran dengan google meet dan google classroom karena tidak ada pembatasan waktu, mudah diakses dimana saja dan tidak memakan kuota internet yang banyak
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021