JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Efektivitas Penerapan Peraturan Daerah Nomer 10 Tahun 2006 tentang Sumber Daya Air dan Sumur Resapan (Studi Kasus di Kecamatan Tuahmadani)

Angraini, Rini (Unknown)
Rusli, Zaili (Unknown)
Heriyanto, Meyzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Tata cara lokasi pengganti diatur dalam peraturan pelaksana , yaitu setiap badan yang akan mengurus surat Izin Mendirikan Bangunan wajib membuat sumur resapan. apabila secara teknis diketahui lokasi pembuatan sumur resapan tidak dapat memenuhi persyaratan dikarnakan lokasi tersebut mempunya kedalam kurang dai 1 meter ,Masih lemahnya penerapan Peraturan Daerah tentang kewajiban membuat sumur resapan.Permasalahan banjir yang sering terjadi belum menjadi prioritas utama untuk di selesaikan oleh pemerintah Kota Pekanbaru.Diperlukannya keseriusan dari Pemerintah Kota Pekanbaru untuk mengatasi permasalahan banjir, agar pada kemudian hari tidak terjadinya lagi masalah banjir disetiap masuknya musim penghujan.Kurangnya sumur resapan di pekanbaru menjadi penyebab banjir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif,lokasi penelitian di Kecamatan Tuahmadani melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi, studi literatur dan kelompok fokus, dengan menggunakan teknik analisa data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Efektivitas Penerapan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 10 Tahun 2006 tentang Sumuber Daya Air dan Sumur Resapan di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru belum efektif. Belum efektifnya pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru tersebut dapat dilihat dari bangunan-bangunan baik rumah toko (ruko) maupun rumah tempat tinggal yang terdapat di Kecamatan Tampan masih banyak yang tidak memiliki sumur resapan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...