JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membina Akhlak dan Mengatasi Kenakalan Pada Anak di SD Negeri 12 Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam

Anisa, Nur (Unknown)
Murniyetti, Murniyetti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Menjelaskan strategi guru PAI dalam membelajarkan nilai-nilai akhlak pada anak di SD N 12 Koto Gadang. 2) Menjelaskan strategi guru PAI dalam menumbuhkan kesadaran anak terhadap nilai-nilai akhlak di SD N 12 Koto Gadang. 3) Menjelaskan strategi guru PAI dalam melakukan pengawasan terhadap perilaku siswa di SD N 12 Koto Gadang. 4) Menjelaskan upaya preventif dan kuratif guru PAI terhadap kenakalan anak di SD N 12 Koto Gadang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi guru PAI dalam membelajarkan nilai-nilai akhlak kepada anak di SD N 12 Koto Gadang adalah melalui pembelajaran langsung di kelas dan keteladanan. 2) Strategi guru PAI dalam menumbuhkan kesadaran anak terhadap nilai-nilai akhlak di SD N 12 Koto Gadang adalah pemberian nasihat dan pembiasaan terhadap peraturan-peraturan dan program rutin yang dilakukan di sekolah. 3) Strategi guru PAI dalam melakukan pengawasan terhadap perilaku anak di SD N 12 Koto Gadang dengan melakukan pengawasan secara langsung, artinya guru langsung mengawasi perilaku siswa di sekolah dan nantinya akan dilakukan pembinaan apabila ditemukan adanya perilaku yang menyimpang. 4) Upaya preventif guru PAI terhadap kenakalan anak di SD N 12 Koto Gadang yang dilakukan guru PAI SD N 12 Koto Gadang terhadap perilaku nakal anak adalah (1) melalui pemberian nasehat, (2) berkomunikasi atau menjalin kerja sama dengan orang tua siswa dan (3) Memberikan peraturan-peraturan. Sedangkan upaya kuratifny aialah pemberian hukuman dan pembinaan dengan cara pendekatan personal kepada siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...