Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Rangkaian langkah penelitian terdiri dari studi pendahuluan, refleksi awal perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini adalah berupa hasil pengamatan dan nilai penilaian kinerja guru akhir siklus dari setiap tindakan supervisi teknik workshop. Hasil Penilaian Kinerja Guru SDN 22 Luhak Nan Duo Siklus I terlihat bahwa nilai rata-rata pada ranah kompetensi pedagogic sebesar 79 atau berpredikat B. Pada ranah kompetensi keperibadian naik menjadi 83 atau berpredikat B. Sementara pada ranah kompetensi social menajadi 81 atau berpredikat B dan pada ranah kompetensi professional naik menjadi 77 atau berpredikat B. dengan demikian capaian nilai rata-rata Penilaian Kinerja Guru SDN 22 Luhak Nan Duo Siklus I sebesar 80 atau B. Kegiatan di siklus 2 ini memberikan hasil memuaskan, meski masih ada 1 orang guru memperoleh prediket C pada ranah kompetensi professional. Hasil workshop yang dilakukan pada siklus 2 ini memperlihatkan adanya peningkatan kinerja guru dibandingkan pada siklus 1, yaitu pada ranah pedagogic dengan prediket baik dari 79 menjadi 80 %, kinerja guru ranah kepribadian dengan prediket baik ntidak terjadi peningkatan yaitu 83 menjadi 83, kinerja guru ranah sosial dengan prediket baik dari 81 menjadi 82, kinerja guru ranah profesional dengan prediket baik dari 77 meningkat menjadi 81. Saran bagi guru hendaknya sealalu meningkatkan kinerja sesuai empat kompetensi yang sudah ditentukan, baik secara mandiri maupun melalui kegiatan workshop,
Copyrights © 2021