JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Analisis Penggunaan Diksi pada Artikel Berita Online Radar Karawang Sebagai Bahan Ajar

Meldiana, Mela (Unknown)
Sugiarti, Dewi Herlina (Unknown)
Maspuroh, Uah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengunaan-penggunaan diksi, jenis-jenis diksi yang digunakan serta ketidaktepatan atau kesalahan penggunaan diksi atau pilihan kata pada artikel berita harian Radar Karawang online penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini peneliti menganalisis penggunaan diksi pada artikel berita harian Radar Karawang online, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simak dan catat, sumber data penelitian ini berasal dari artikel berita Radar Karawang yang berupa online hasil penelitian ini nantinya akan digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat 91 data yang diperoleh yaitu: (1) penggunaan diksi bermakna umum dan khusus terdapat 38 data, (2) penggunaan diksi bermakan konotasi dan denotasi terdapat 40 data, (3) penggunaan kata hampir bersinonim terdapat 8 data, (3) kelangsungan pilihan kata terdapat 4 data, (4) kata yang mirip ejaan terdapat 1 data. Penggunaaan diksi ungkapan akhiran asing, ungkapan idiomatik, perubahan makna yang sudah dikenal, penggunaan kata indria, kata-kata ciptaan sendiri yang tidak ditemukan penggunaannya dalam artikel berita harian Radar Karawang online. Dari hasil yang diperoleh berdasarkan pengamatan peneliti secara mendalam dari penggunaan bahasanya cukup ringan dan kesalahan yang ditemukan hanya sedikit maka penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...