JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 02 Tanjung Raya Tahun Pelajaran 2019/2020

Amani, Faizah (Unknown)
Rahmat, Tasnim (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari rata-rata nilai ulangan harian 1 di kelas VIII SMP Negeri 02 Tanjung Raya berada dibawah KKM yaitu 60. Masalah lainnya adalah proses pembelajaran masih banyak yang berpusat pada guru, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengar, mencatat dan mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru dan jarangnya guru memberikan kesimpulan diakhir pembelajaran. Salah satu upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 02 Tanjung Raya Tahun Pembelajaran 2019/2020. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran pembelajaran konvensional kelas VIII SMP Negei 02 Tanjung Raya tahun pelajaran 2019/2020”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Countrol Group Only Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Tanjung Raya tahun pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 67 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 sebagai kelas eksperiment dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa. Dari analisis data, hasil tes akhir belajar matematika yang dihitung dengan menggunakan uji-t. Dengan hasil dan pada taraf nyata diperoleh . Dengan demikian , sehingga ditolak dan diterima. Serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh pada taraf nyata . Karena nilai , yaitu 0,048 maka ditolak dan terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional kelas VIII SMP Negeri 02 Tanjung Raya tahun pembelajaran 2019/2020”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...