JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Nilai-Nilai Karakter dalam Kegiatan Pramuka Ditinjau dari Sudut Pandang Islam

Apriliana, Mardila (Unknown)
Deswalantri, Deswalantri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui nilai-nilai karakter disiplin, bertanggung jawab, percaya diri dalam kegiatan pramuka berkemah, baris berbaris, api unggun, upacara menurut pandang Islam. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian library research (penelitian kepustakaan). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis isi (content analysis). Dalam penelitian ini data di peroleh melalui buku-buku yang ada di perpustakaan serta relevan dalam permasalahn yang dibahas yaitu sumber data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai-nilai karakter dalam kegiatan pramuka ditinjau dari pandang Islam yaitu nilai-nilai karakter disiplin dalam kegiatan pramuka berkemah, disiplin dalam mentaati perintahnya dan menjauhi larangan Allah serta disiplin waktu saat kegiatan perkemahan dilakukan seperti mengerjakan sholat lima waktu, Allah Swt berfirman pada QS. AN-Nisa ayat 103 disertai dengan hadist. Dan disiplin dalam kegiatanbaris berbaris dalam terdapat dalam surah Al-Shaff ayat 4. Nilai-nilai karakter bertanggung jawab dalam kegiatan pramuka api unggun yaitu firman Allah Surat An-Naml ayat 18, dalam kegiatan pramuka dan disertai dengan hadist. Nilai-nilai karakter percaya diri dalam kegiatan pramuka upacara terdapat beberapa peraturan yang harus dijalani oleh seluruh peserta upacara, dan saat menjadi petugas upacara maka harus percaya diri terhadap kegiatan yang lakukannya ditinjau dari pandang Islam terdapat dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 139.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...