JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dengan Multimedia Interaktif pada Materi Pemantulan Cahaya

Dolo, Fransiskus Xaverius (Unknown)
Kua, Maria Yuliana (Unknown)
Djawaria, Prisko Yanuarius (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara membandingkan hasil belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan pada siklus I maupun siklus II, termasuk rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa penggunaan multimedia interaktif sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi pemantulan cahaya, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil tes pemahaman konsep dengan KKM 70 di tiap siklus dimana ketuntasan klasikal pada indikator pencapaian 1 adalah 80,31% dengan rata-rata nilai 75,58; indikator pencapaian 2 adalah 88,46% dengan rata-rata nilai 71,20; indikator pencapaian 3 adalah 76,92% dengan rata-rata nilai 74,04; indikator pencapaian 4 adalah 92,30% dengan rata-rata nilai 74,23.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...