JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Tunagrahita di SLB Koto Agung, Blok B Sitiung 1, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya

Anjeli, Miki (Unknown)
Fauzan, Fauzan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Latar belakang peneliti membuat skripsi ini adalah siswa tunagrahita ini lebih memahami pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual dibandingkan dengan tidak menggunakan media. Terlihat saat guru menggunakan media audio-visual siswanya lebih bersemangat untuk belajar, terlihat juga anak tersebut bisa termotivasi untuk belajar. Siswa nampak fokus saat belajar dibuktikan saat guru menggunakan media audio-visual seperti vidio, anak tunagrahita tidak melihat kekiri dan kekanan, tidak gelisah, mereka tenang saat menyaksikan vidio yang ditampilkan oleh gurunya, dari situlah kita juga bisa melihat bahwasannya anak tersebut bisa fokus saat belajar. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SLB Koto Agung. Sumber data/informan penelitian yang diperoleh melalui guru wali kelas, kepala sekolah serta salah satu guru Di SLB Koto Agung yang dilibatkan untuk memberikan informasi dan keterangan mengenai penggunaan media pembelajaran audio-visual dalam mata pelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SLB Koto Agung. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan untuk memperkuat data yang telah diteliti dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran audio-visual dalam mata pelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SLB Koto Agung, Blok B. Sitiung 1, Kecamata Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Bahwasannya Guru di SLB Koto Agung menggunakan media audio-visual untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, karena saat penggunaan media pembelajaran audio-visual ini siswa tunagrahita lebih bersemangat untuk belajar dibandingkan dengan tidak menggunakan media audio-visual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...