Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)
Vol 6, No 2 (2021): JURKAMI

ANALISIS PELAYANAN JASA PENGIRIMAN PAKET PADA PT.POS (PERSERO) CABANG BIMA

Nur Haryana (SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BIMA)
Ismunandar Ismunandar (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Article History :Received December 2020Accepted March 2021Published April 2021 Keywords: Services, Package Delivery  Abstract: If the service received by consumers is in accordance with the desired service, the quality of the service is considered good or satisfactory. This study aims to determine how good the package delivery services at PT. Pos (Persero) Bima Branch. This type of research is descriptive using quantitative data from primary data sources. The research instrument used a questionnaire with a Likert scale. The population in this study are consumers who have used package delivery services using the services of PT. POS (Persero) Bima Branch. The sample in this study were 96 respondents using the Slovin formula with the sampling technique of accidental sampling. Data collection techniques used are observation, interviews, questionnaires and literature study. The data analysis technique used is validity test, reliability test, descriptive analysis and t test (t test one sample). The results of the study show that package delivery services at PT. POS (Persero) Bima Branch is more than 75% than expected (good).    Sejarah ArtikelDiterima: Desember 2020 Direvisi: Maret 2021 Diterbitkan: April 2021 Kata kunci: Pelayanan Jasa, Pengiriman Paket  Abstrak: Apabila jasa yang diterima konsumen sudah sesuai dengan jasa yang diinginkan maka kualitas jasa tersebut dianggap baik atau memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pelayanan jasa pengiriman paket pada PT. Pos (Persero) Cabang Bima. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif dari sumber data primer. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan Jasa Pelayanan pengiriman paket menggunakan layanan jasa PT. POS (persero) Cabang Bima. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 96 orang responden  menggunakan rumus slovin dengan teknik sampling acidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas,analisis deskriptif dan uji t (t test one sample). Hasil penelian menunjukan bahwa pelayanan jasa pengiriman paket pada PT. POS (Persero) Cabang Bima  lebih dari 75% dari yang di harapkan (baik).      

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan ekonomi dan kajian ilmu ekonomi lainnya, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah ...