Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Analisis Kesulitan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share

Maryetta Evi Hariati (Universitas Negeri Medan)
Bornok Sinaga (Universitas Negeri Medan)
Mukhtar Mukhtar (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganailisis: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share; dan (2) Kesulitan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas VII-1 SMP Wiraswasta Batangkuis tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 35 orang. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi pesegi panjang dan persegi pada siswa berkemampuan sedang memiliki proporsi tertinggi kemudian diikuti oleh siswa berkemampuan rendah dan tinggi; dan (2) Kesulitan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share adalah kesulitan fakta, konsep, operasi, dan prinsip.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...