Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya
Vol. 1 No. 2 (2014): Vol 1 No 2 Bulan September Tahun 2014

TEACHING LISTENING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS USING œGUIDED METACOGNITIVE SEQUENCE

Tuty Mujiatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2014

Abstract

Penelitian  ini  menguji  apakah  penggunaan  pengajaran  strategi  metakognitif berdasarkan  œTahapan  Metakognitif  Terbimbing  dapat  meningkatkan kemampuan  siswa  dalam  mendengarkan  pelajaran  bahasa  Inggris  yang menitikberatkan pada  tiga  indikator: menentukan  informasi  tersurat, menentukan informasi  tersirat,  dan menentukan  gambaran  umum.  Penelitian  ini menerapkan desain  penelitian  praeksperimen  tes  awal  dan  tes  akhir  dengan  grup  tunggal. Sejumlah 32 siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Ponorogo dipilih sebagai peserta grup. Grup  ini  memperoleh  5  (lima)  sesi  pertemuan  pelajaran  mendengarkan  teks recount di kelas dengan menerapkan pengajaran strategi metakognitif berdasarkan œTahapan Metakognitif Terbimbing. Data nilai siswa pada tes awal dan tes akhir dianalisa menggunakan uji t sampel berpasangan dengan tingkat signifikansi 0,05 (p<0.05) untuk menguji peningkatan skor. Hasil penelitian menunjukkan nilai tes akhir  siswa  lebih  tinggi  secara  signifikan  dibanding  nilai  awal  (72,41dibanding 61,06, p = 0,000, p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan pengajaran ini  memacu  peningkatan  pemahaman  siswa  dalam  mendengarkan.  Hasil  ini menuntut perlunya menggabungkan pengajaran  ini ke dalam program pengajaran mendengarkan sehari-hari di kelas untuk membantu siswa mengatasi kesulitannya dalam mendengarkan Bahasa Inggris.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

paramasastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

discusses field-based research, literature research, and theoretical and methodological reflection on languages, literatures, and its teaching. This journal receives research-based articles or literary-based studies that will be published twice a year through the screening process. All articles ...