Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2017)

PELATIHAN OPTIMASI DESAIN GROUNDBED PADA SISTEM SACP UNTUK PIPA BAJA DI TANAH KAWASAN ITS SEBAGAI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN SISWA SEKOLAH ALAM INSAN MULIA SURABAYA

Tubagus N Rohmannudin (Institut Teknologi Sepuluh November)
Sulistijono Sulistijono (Institut Teknologi Sepuluh November)
M Rizal Pambudi (Institut Teknologi Sepuluh November)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2017

Abstract

Groundbed adalah anoda yang dibungkus dengan backfill sebagai salah satu variabel di dalam sistem proteksi katodik di dalam tanah. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam teknologi groundbed adalah komposisi penyusun backfill. Backfill berfungsi sebagai penjaga permukaan anoda supaya selalu tetap basah. Hal ini ditujukan untuk memudahkan aliran arus proteksi dari anoda ke katoda melalui media tanah. Selain itu, dimensi dan perbandingan berat antara anoda dan backfill di dalam groundbed juga mempengaruhi kinerja dari grounbed. Kenyataan di lapangan seringkali terjadi kesulitan dalam pembuatan dan instalasi groundbed sehingga banyak dijumpai kesalahan-kesalahan yang mengakibatkan groundbed tidak bekerja secara maksimal. Oleh sebab itu optimasi pembuatan grounbed dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam teknologi groundbed. Sekolah Alam Insan Mulia merupakan salah satu SMA di Surabaya yang dijadikan objek pengembangan desain grounbed. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasnya para guru dan Siswa Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) ketika tim pengabdian masyarakat menawarkan program pelatihan ini. Oleh sebab itu Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS sebagai Institusi Perguruan Tinggi tergerak untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan melaksanakan Pelatihan Teknologi Groundbed pada Sistem SACP (Sacrifacial Anode Cathodic Protection) sebagai Peningkatan Kompetensi Sekolah Menengah Tingkat Atas/ Kejuruan/ Sederajat. Pelatihan ini diadakan di Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS. Metode Pelatihan yang digunakan adalah presentasi materi oleh Tim Pengabdi yang dilanjutkan dengan eksperimen di Laboratorium. Hasil pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan wawasan dan pemahanan Guru dan Siswa SAIM yang dapat dilihat dari hasil uji tulis di akhir program.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

abdi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ABDI – The ABDI Journal only accepts manuscripts which are based on community services. The journal was published by Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Surabaya. It is published periodically, twice a year, in June and ...