PARAMUROBI
Vol 4 No 1 (2021): Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Ahmad Suradi (Pascasarjana IAIN Bengkulu)
Ummi Kalsum (Fakultas Tarbiyah IAIN Bengkulu)
Nilawati Nilawati (MI Nurul Huda Kota Bengkulu)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2021

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dalam pembelajaran di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yakni proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dan upaya memecahkannya dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari tindakan tersebut.Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari uraian berikut yaitu proses kegiatan aktivitas belajar siswa terlihat meningkat dari setiap siklusnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paramurobi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jurnal ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan dan pustaka. Penerbitan jurnal mencakup berbagai dimensi pendidikan, seperti kurikulum, pembelajaran, evaluasi, ...