BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH
Vol 3, No 2 (2020)

Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah

Satrio Ardian (Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Medan)
Wulan Kisty Hasanah (Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Medan)
Fairuz Imtinan Rana (Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana pemanfaatan aplikasi Microsoft sway dan Microsoft form pada pembelajaran sejarah dan bagaimana membuat media interaktif untuk pembelajaran  sejarah yang dapat diakses menggunakan link. Saat ini salah satu kendala dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi ini yaitu media pembelajaran online yang digunakan kurang menarik sehingga siswa kurang tertarik untuk menggunakan media pembelajaran yang dibuat oleh guru, siswa harus mendownload aplikasi untuk dapat mengakses media yang dikirim serta siswa harus memiliki alat komunikasi dengan spesifikasi handphone yang tinggi untuk dapat membuka media pembelajaran yang dikirim oleh guru. Dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft sway dan Microsoft form siswa dapat dengan mudah membuka media pembelajaran sejarah dengan hanya mengeklik link yang dikirim oleh guru serta guru dapat menggunakan aplikasi Microsoft sway untuk menambahkan media berupa teks, audio, video, animasi, kuis di dalam satu link. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Microsoft Office 365 memiliki fitur diantaranya Microsoft sway dan Microsoft form. Dengan menggunakan Microsoft sway dan microsoft form tersebut guru dapat membuat media interaktif pada pembelajaran sejarah yang kreatif tanpa harus mendownload aplikasi khusus karena Microsoft sway dan Microsoft form dapat di akses melalui web dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari Google drive sehingga tidak perlu khawatir apabila menggunakan media video.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bihari

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini fokus pada hasil penelitian dan non penelitian berupa gagasan konseptual di bidang pendidikan sejarah dan ilmu ...