Bio-Lectura
Vol. 6 No. 1 (2019)

PENGARUH PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Ermina Sari (Universitas Lancang Kuning)
Wika Syafrida Syar (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

Proses pembelajaran yang cenderung monoton, serta kurangnya fasilitas sekolah dan inisiatif guru dalam menggunakan media menjadi permasalahan dalam pendidikan. Salah satunya yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran complete sentence berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel. Sampel yang pertama adalah kelas eksperimen VIII 5 dengan jumlah 37 siswa dan sampel yang kedua adalah kelas kontrol VIII 6 dengan jumlah 34 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi berupa aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t Independent Samples Test. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0.58 kategori sedang dan pada kelas kontrol adalah 0.23 kategori rendah. Berdasarkan analisis hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran complete sentence berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...