Journal of Scientific Communication (JSC)
Volume 3 Issue 2, Oktober 2021

Strategi Penggunaan Media SMK Teknologi Pilar Bangsa Dalam Mempromosikan Sekolah Dan Menarik Minat Siswa-Siswi Baru

Erwana Amarulloh Sunarya (Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Esa Unggul Jakarta)
Erman Anom (Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Esa Unggul Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2021

Abstract

Persaingan usaha dibidang pendidikan, setiap pihak berlomba untuk menggunakan bentuk media sebagai strategi yang dinilai dapat dijadikan daya tarik dalam memenangkan persaingan terhadap setiap kompetitornya khusunya pada SMK Teknologi Pilar Bangsa. Saat ini SMK Teknologi Pilar Bangsa menggunakan media cetak dan media elektonik dalam memberikan informasi dan promosi yang up to date. Agar promosi berjalan sesuai target tentunya menyampaikan pesan-pesan persuasif yang terpadat dalam media cetak dan media elektronik tersebut yang terdiri dari profile sekolah, fasilitas, prestasi, jurusan, ekstrakulikuler dan lain-lain sehingga dapat menjadi daya tarik yang efektif bagi calon siswa-siswi baru dan masyarakat untuk bergabung di SMK Teknologi Pilar Bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi penggunaan media SMK Teknologi Pilar Bangsa dalam mempromosikan sekolah dan menarik minat calon siswa-siswi baru. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif tujuan deskriptif untuk menjelaskan Strategi Penggunaan Media SMK Teknologi Pilar Bangsa Dalam Mempromosikan Sekolah dan Menarik Calon Siswa-Siswi Baru. Peneliti melakukan observasi dan wawancara di SMK Teknologi Pilar Bangsa. Wawancara dilakukan dengan key informan dan beberapa informan dari SMK Teknologi Pilar Bangsa. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu isi pesan-pesan persuasif dalam strategi penggunaan media SMK Teknologi Pilar Bangsa untuk menarik minat calon siswa-siswi. Kata kunci : Media cetak, media elektronik, promosi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsc

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Scientific Communication (JSC) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian di bidang komunikasi perubahan sosial pembangunan, dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan cakupan komunikasi kesehatan, komunikasi lintas budaya, komunikasi antar pribadi, komunikasi massa, ...