Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP)
Vol 1, No 1 (2021)

Penerapan Model Guided Inquiry Berbantukan Program One Day One Diary For Science Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Materi Suhu Dan Kalor

Susanty, Wiwit (Unknown)
Suhartono, Suhartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotorik dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran guided inqury berbantukan program one day one diary for science. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experiment dengan model matching pretest-posttest comparation group design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah hasil belajar psikomotorik, hasil belajar kognitif siswa, aktivitas belajar siswa, dan lembar pengelolaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa yang cukup sigifikan. Hasil berikutnya menunjukkan  perbedaan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics Other

Description

The Journal publishes scientific articles in Indonesian language which are the research results in the field of Biology, (Ecology, Microbiology, Zoology, Botany, Systematics, Molecular, Bioinformatics), Physics (Material physics, Instrumentation, Astrophysics, Computing), Biology Education, Physical ...