Journal of Elementary School (JOES)
Vol 4 No 2 (2021): Journal of Elementary School (JOES)

Penggunaan Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas II SDN Rejosari dalam Penjumlahan Bilangan Asli

Riza Dwi Yuliyanti (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Sukasno Sukasno (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Andriana Sofiarini (STKIP PGRI Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan siswa kelas II SDN Rejosari dalam menjumlahkan bilangan asli dengan menggunakan media permainan kartu bilangan signifikan tuntas atau tidak.Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu, desain penelitiannya One Gruop Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, data populasi dan sampel adalah siswa kelas II SDN Rejosari yang berjumlah 20 orang siswa, langkah-langkah analisis data: uji normalitas dan uji z yang diperoleh dari data peningkatan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar yang mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 48,7. Setelah dihitung menggunakan rumus uji z maka diperoleh nilai Zhitung = 51,47 dan dibandingkan dengan nilai Ztabel = 1,96 dengan peluang (1/2-α) dan taraf singnifikannya (. Jadi nilai Zhitung > Ztabel atau 51,47> 1,96. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Rejosari mengalami peningkatan setelah pengunaanmedia permainan kartu bilangan signifikan tuntas, Tahun ajaran 2020/2021. Kata Kunci: Pengunaan, Permaianan Kartu Bilangan, Hasil Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JOES

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Elementary School (JOES) published by Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field and development of teaching practice, ...