Kurangnya kepedulian guru dan orang tua dalam menanamkan akhlak mulia pada anak baik disekolah maupun dirumah, kurangnya kepedulian dalam pembentukan karakter (menanamkan akhlak mulia) menjadikan alasan penulis untuk meneliti mengenai kegiatan menanamkan akhlak mulia pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan anak usia dini dalam menanamkan akhlak mulia pada anak usia 4-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana menanamkan akhlak mulia pada anak Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa? Teknik keabsahan data menggunakan teknik triagulasi sumber dengan informan 2 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan guru adalah dengan kegiatan jum’at berlian dimana kegiatan tersebut meliputi: bersih lingkungan, bersikap sabar (mengantri), bercerita dan bermain peran, berbagi makanan, dan kegiatan lainnya. Dengan menggunakan metode pembiasaan dan metode keteladanan
Copyrights © 2021