Media Informatika
Vol 20 No 2 (2021)

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pembelian Impulsif pada Pengguna Aplikasi Shopee

Merry Cynthia (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI)
Djajasukma Tjahjadi (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI)
Ekabrata Yudhistyra (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Pekembangan teknologi yang sangat cepat sekarang ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan khususnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup. Salah satu aplikasi yang memanfaatkan teknologi untuk e-commerce yaitu Shopee. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui seberapa besar pengaruh promosi, kualitas informasi, electronic word of mouth, online store belief’s, persepsi harga, dan motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pengguna. Penelitian ini dilakukan kepada 290 responden dan menggunakan model analisis regresi linear berganda Pada penelitian ini diketahui bahwa persepsi harga dan motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif pengguna, tetapi promosi, kualitas informasi, electronic word of mouth, online store belief’s tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif pengguna. Pada penelitian ini menggunakan gender sebagai pemoderasi dan diperoleh hasil pada responden pria kualitas informasi dan persepsi harga berpengaruh terhadap pembelian impulsif sedangkan pada responden wanita online store belief’s dan motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

media-informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Media Informatika is a scientific journal published by Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STMIK LIKMI. Media Informatika aims to publish research results or equivalent to the results of research, thoughts and views, popular knowledge in the fields of informatics, information ...