Media Informatika
Vol 20 No 2 (2021)

Perancangan Perangkat Lunak Visual Novel Peristiwa Bandung Lautan Api

Jason Jiv Matatula (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI)
Yusup Jauhari Shandi (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Di era modern saat ini, dunia game dan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat termasuk dalam dunia PC game. Dari sekian banyak game yang menyajikan fitur, kualitas, visualisasi maupun alur cerita game itu sendiri, terdapat game yang tetap memakai konsep kesederhanaannya, yakni visual novel. Pengembang game lokal yang memproduksi visual novel lebih banyak dipengaruhi oleh gaya anime dan manga dari Jepang. Artikel ini memaparkan perancangan visual novel Peristiwa Bandung Lautan Api (PBLA). Pemodelannya memanfaatkan beberapa diagram UML. Pengembangan perangkat lunak menggunakan metode prototyping. Program dibuat dengan perangkat Unity Engine dan C#. Visual novel ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pemain dan pengembang game lokal betapa bagusnya sejarah di Indonesia, khususnya peristiwa heroik Bandung Lautan Api, sehingga bisa mendorong lebih banyak lagi pengembang game lokal yang membuat visual novel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

media-informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Media Informatika is a scientific journal published by Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STMIK LIKMI. Media Informatika aims to publish research results or equivalent to the results of research, thoughts and views, popular knowledge in the fields of informatics, information ...