“Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis pengaruh orientasi pasar yang terdiri dari orientasi pelanggan dan orientasi pesaing serta koordinasi antar fungsi terhadap proses bisnis internal – balance scorecard.” “Pemilihan responden dalam penelitian ini dilakukan cara non-probability sampling terhadap 110 pengelola “Usaha Ekonomi Produktif – Kelompok Usaha Bersama (UEP-KUBe) di Kota Bukittinggi” Sumatera Barat.” “Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive verification.” Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola UEP-KUBe sangat memahami bahwa orientasi pasar berpengaruh terhadap proses bisnis internal.  “Orientasi pasar yang terdiri dari orientasi pelanggan dan orientasi pesaing serta koordinasi antar fungsi, secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap proses bisnis internal, sedangkan orientasi pelanggan dan koordinasi antar fungsi mempengaruhi proses bisnis internal secara parsial.” Adapun orientasi pesaing tidak signifikan secara parsial mempengaruhi proses bisnis internal.Kata Kunci :  Orientasi Pasar,  Proses Bisnis Internal, “Usaha Ekonomi Produktif – Kelompok Usaha Bersama “
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020