Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan alur kegiatan setiap siklus terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu: rencana tindakan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi atau evaluasi (observation/evaluation), dan refleksi (reflection). Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Kooperatif tipe Make A Match dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada  siswa Kelas IX-6 MTsN 2 Kota Bima  dengan jumlah siswa 34 orang 13 orang siswa laki-laki dan 21 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 20 Agustus 2019 sampai dengan 20 September  2019. Instrumen pada penelitian ini adalah RPP, lembar observasi siswa dan guru, angket ativitas dan soal-soal. Data hasil penelitian yang dianalisis meliputi rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar secara klasikal. Keterlaksanaan pembelajaran kegiatan siswa siklus I berada pada kriteria yang baik dengan rata-rata nilai yang diperoleh 56%. Sedangkan kegiatan guru berada pada kriteria sangat baik yaitu 76%. Pada siklus II keterlaksaan pembelajaran kegiatan siswa berada pada kriteria sangat baik dengan perolehan nilai 91% dan kegiatan guru berada pada kriteria sangat baik dengan perolehan nilai sebesar 93%. Sedangkan hasil belajar siswa dari   rata-rata 74 siklus I dengan ketuntasan 59% pada siklus II menjadi rata-rata 87 dengan ketuntasan 91%. Berdasarkan hal tersebut, maka Model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa belajar IPA siswa kelas IX-6 MTsN 2 Kota Bima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021